Entri Populer

Senin, 28 Februari 2011

PASKIBAR DON BOSKO Arep Lewat


(“Sing Lanang Ganteng – Ganteng, Sing Wedhok Ayu – Ayu. Minggiro Minggiro Minggiro”)
Mungkin ada sebagian siswa takut ikut paskib karena takut item, takut push up, ga mau lari lapangan, dan lain sebagainya. Tetapi untuk sebagian siswa, Paskib adalah hal yang unik, istimewa dan suatu kebangaan tersendiri. Maka dari itu sekarang kamu harus wajib tahu apa itu Paskibra sebenarnya. Berikut sekilas tentang Paskibra SMA Don Bosko.
Paskibra(ka) (Pasukan Pengibar Bendera(Pusaka)) adalah pasukan yang bertugas mengibarkan bendera merah putih (biasanya pasukan ini muncul pada upacara 17 Agustus). Pasukan dibagi menjadi 3 yaitu pasukan 17 yang bertugas mengawal bendera, pasukan 8 yang bertugas membawa bendera, dan pasukan 45 yang bertugas melindungi bendera. Memang kegiatan ini dituntut ketegasan dan kedisiplinan, jadi aturan yang tegas pun juga tersedia disini. Untuk di SMA Don Bosko sendiri terdiri atas 55 anggota juga dibagi 3 pasukan dengan pembagian pasukan dan tugasnya masing-masing seperti yang sudah disebutkan diatas.
Naahh … sekarang kita cari tahu seluk beluk semua tentang Pakibra SMA PL Don Bosko. Paskibra SMA Don Bosko telah ada sejak tahun 1996, namun perjuangan untuk memulai ekstrakurikuler ini telah dilakukan sejak tahun 1994 hingga tahun 2010 ini. Paskibra SMA Don Bosko telah memiliki 14 angkatan. Dan setiap tanggal 17 Agustus selalu melaksanakan tugas pengibaran bendera merah putih (karena bendera pusaka hanya ada di Istana Negara). Kebiasaan ini juga berlangsung pada tahun 2010 ini, dimana latihan bersama (Kelas X yang telah diseleksi dan kelas XI) dimulai tanggal 20 Juli 2010 hingga 16 Agustus 2010. Latihan yang dimulai 30 menit setelah bel pulang sekolah berbunyi setiap harinya ini diakhiri maksimal pukul 17.00. Tetapi terkadang bisa lebih jika dirasa latihannya masih kurang cukup untuk mendukung kesiapan pada saat pengibaran. Paskibra SMA Don Bosko boleh berbangga hati karena ekstrakulikuler ini bisa dikatakan salah satu ekstrakurikuler dimana para alumninya masih eksis melatih dan membentuk strukturnya sendiri dengan nama “DEWAN ALUMNI”. Untuk pengibaran tahun 2010 ini para alumni dari angkatan 2005-2010 ikut hadir untuk melatih yang dibantu oleh senior dari kelas XII. Mengingat waktu yg ada untuk berlatih sangat singkat,maka ada aturan yg diberlakukan yaitu:
1.      Terapkan korsa  (1untuk semua, semua untuk 1)
2.      Sebelum berlatih melakukan pemanasan terlebih dahulu, minimal 1x lari di lapangan bola bagian luar.
3.      Saat berlatih, pakaian dimasukan dan ikat pinggang harus terlihat.
4.      Jika dalam barisan melakukan kesalahan, datang terlambat, maka akan dikenai 1set konsekuensi berupa 25x push up, sit up dan back up dan 2x lari lapangan basket.
5.      Dan yang terpenting paskibra SMA Don Bosko wajib senyum dimana dan kapan pun berada.
Anggota paskibra SMA Don Bosko tahun 2010-2011 resmi menjadi Angkatan XIV dengan melakukan serangkaian acara pelantikan pada tanggal 8 Agustus 2010. Angkatan ini diketuai oleh Yohanes Indra (XI-IPA2) dan wakilnya Yasmintha Stevanus (X-3). Pada waktu dan tempat yang sama, dewan alumni juga re-organisasi. Dengan ketua dewan alumni yang baru adalah Albertus Adhika (kak Dhika, angkatan 2009) dan wakilnya adalah Alfonsa Pradiptaningtyas (kak Tita, angkatan 2009).
Pada upacara 17 Agustus 2010 kemarin, ada petugas khusus seperti danton (Komandan Pleton), Pengibar bendera dan pembawa bendera. Untuk Danton dibagi menjadi dua, yaitu Danton utama yang bertugas mengendalikan seluruh pasukan (17-8-45), dan Danton pasukan, biasanya yang menggunakan Danton pasukan adalah pasukan 8 dan 45. Kali ini Danton utamanya adalah Fanny (XII-IPA2), Danton pasukan 8 Indra (XI-IPA2), dan Danton pasukan 45 Aar (XI-IPA3). Pembawa bendera adalah Viky (X-4), dan 3 cowok pengibar bendera adalah Danu (XI-IPA1), Tio (XI-IPA3), dan Randy (X-1). Dan 2 orang yang bertugas menjaga tiang bendera adalah Ian (XII-IPA2) dan Krisna (XII-IPS2).
Meski latihan setiap hari tanpa henti (kecuali hari Minggu) dari siang sampai sore, dan konsekuensi yang ada begitu tegas tak membuat kami merasa jenuh ataupun bosan, karena setiap kali datang kita selalu dibekali untuk selalu menganggap teman-teman di paskibra yang ada seperti saudara, sehingga di Paskib SMA Don Bosko tidak ada hari tanpa tawa dan canda. Di dalam barisan pun kami dituntut untuk tetap tersenyum. Jadi ga ada Paskib DB yang spaneng, ga pernah tersenyum, galak atau yang lainnya. Justru untuk sebagian anak, saat-saat berkumpul dengan Paskiblah yang dinanti. Karena disini tidak ada perbedaan antara senior (kelas XI dan XII) dengan junior (kelas X), perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Disini yang ada hanya kata “KITA sebagai saudara”
Naaah …. Sekarang udah tahukan Paskibra itu apa, kegiatannya apa aja, kesehariannya gimana – gimana aja. Masih takut ama Paskib ??? gak kaannn ??? kita tunggu kamu di Ekstra Pakibra yaaaa …. J atau gabung dengan group facebook Paskibar SMA Pangudi Luhur Don Bosko Semarang.
- SALAM KOMPAK -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar